Kementerian PPPA RI Kunjungi Kediaman Anak Korban Kekerasan Seksual dan Perampokan di Bintara Bekasi

Bagikan

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email
Kemen PPPA RI dan Pemkot Bekasi kunjungi korban kekerasan seksual di Bintara Bekasi / FOTO Humas

Bekasi – Asisten Deputi Pelayanan Anak yang memerlukan perlindungan khusus pada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI Robert Parlindungan Sitinjak  kunjungi kediaman anak korban kekerasan seksual dan perampokan yang berlokasi di Kelurahan Bintara, Kota Bekasi pada hari Juma’t, 21 Mei 2021.

“Hadirnya Kemen PPPA ke lokasi untuk melakukan penjangkauan terhadap korban. Ini merupakan bentuk kehadiran negara dalam membela dan memenuhi hak-hak anak serta memastikan semua pihak bekerja bersama-sama memberikan perlindungan terhadap anak, baik secara fisik, sosial, hukum dan psikologis. Kemen PPPA perlu memantau kondisi terakhir korban serta memastikan pendampingan dilakukan dengan sebaik mungkin serta memperhatikan kepentingan terbaik anak,” kata Robert di Bekasi.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka di Bekasi Kembali Digelar

Berdasarkan hasil penjangkauan, Robert mengaku, korban terindikasi mengalami trauma berat akibat kejadian tersebut. “Korban takut bertemu dengan orang baru terutama berjenis kelamin laki-laki dan masih mengurung diri di kamar. Ketika Tim Kemen PPPA tiba di lokasi, korban juga menolak untuk ditemui,” jelasnya.

Dalam kunjungannya, Robert bersama tim Kemen PPPA yang didampingi oleh Aparatur Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Bekasi, serta Lurah Bintara dan Kepala Bagian Humas, Sajekti Rubiah, bertemu orang tua korban untuk menyampaikan dan memberikan dukungan, perlindungan penuh, serta pendampingan proses hukum kepada yang bersangkutan.

Baca juga: Kota Bekasi Perpanjang PPKM Mikro hingga Akhir Mei 2021

Selain dukungan, perlindungan penuh, dan pendampingan proses hukum korban pun akan difasilitasi dengan pengobatan trauma healing oleh psikolog professional agar korban mampu melewati masa-masa sulit akibat kejadian yang tidak mengenakan tersebut dan mampu kembali fokus dan semangat belajar.

Robert pun menyampaikan agar seluruh pihak terdekat korban memberikan dukungan terutama dukungan moril karena dukungan dari orang-orang terdekat akan mampu mengembalikan semangatnya menjalani hari-hari ke depannya.

DPPPA Kota Bekasi sebelumnya juga telah melakukan kunjungan kepada korban di kediamannya serta telah memberikan pengobatan trauma healing. Selain itu, DPPPA Kota Bekasi juga telah berkoordinasi dengan Poli Forensik RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid terkait pemeriksaan visum untuk keperluan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penyidik Polres Metro Bekasi Kota serta DPPPA Kota Bekasi pun akan mendampingi korban terkait BAP tambahan penyidik Unit PPA Polda Metro Jaya.  (dan)*

Berita lain